Memilih Baju Bayi dengan Tepat

Memilih Baju Bayi dengan Tepat

Bayi baru lahir masih belum bisa mengatur suhu tubuh dengan baik. Oleh sebab itu, diperlukan baju bayi yang bisa melindungi bayi Anda dari suhu udara panas atau dingin sesuai kondisi musimnya. Namun baju bayi mempunyai ukuran, bahan, jenis dan desain yang unik. Pada artikel ini akan dijelaskan cara memilih baju bayi untuk persiapan persalinan Anda atau untuk hadiah perlengkapan bayi.

Pakaian bayi biasanya memiliki ukuran 50 – 80 cm, namun ukuran ini juga disesuaikan dengan tinggi tubuh bayi. Ukuran 50 cm sesuai untuk bayi baru lahir dengan tinggi sekitar 50 cm, ukuran 60 cm sesuai bagi bayi dengan umur 3 bulan, ukuran 70 cm pas untuk bayi dengan umur 6 bulan, dan 80 cm bagi bayi berumur 1 tahun.

Terlepas dari usia, Anda harus cermat ketika memilih baju bayi untuk digunakan beberapa bulan kemudian. Contohnya, ketika Anda beli baju bayi pada pertengahan tahun untuk digunakan pada liburan akhir tahun, pilih yang memiliki ukuran lebih besar dari badannya saat ini. Hal itu dikarenakan usia dan tinggi badannya telah bertambah.

Bayi bisa tumbuh tinggi setidaknya 10 cm setiap bulannya sehingga baju bayi cepat kekecilan dan tidak bisa digunakan bila Anda salah pilih. Bila Anda khawatir ukuran baju bayi yang Anda pilih kurang pas untuk bayi Anda, sebaiknya Anda memilih ukuran lebih besar. Apalagi jika Anda memilih baju bayi untuk hadiah, pilih ukuran pakaian bayi yang lebih besar dari usianya sekarang ini.

  • Baju Pendek untuk Bayi Baru Lahir

Baju dan celana pendek merupakan pakaian sehari-hari yang digunakan oleh bayi. Umumnya digunakan mulai dari bayi baru lahir hingga dengan usia 3 bulan dan baik untuk penyerapan keringat. Mengganti popok juga lebih mudah sebab panjangnya hanya sampai pinggang. Selain itu, pakaian jenis ini dapat digunakan kapan saja dan tidak bergantung pada musim sebab dapat dipakai ketika musim kemarau atau musim hujan. Bayi baru lahir umumnya lebih sering ganti pakaian akibat gumoh ketika minum ASI dan banyak alasan lainnya. Jadi, sebaiknya Anda menyiapkan atasan pendek lebih banyak daripada jenis baju lainnya.

  • Baju Panjang yang Nyaman untuk Bayi Tidur

Baju panjang ini hampir serupa dengan baju pendek, hanya memiliki ukuran yang lebih panjang. Jenis seperti ini sesuai untuk bayi baru lahir sampai usia 2 bulan ketika kakinya belum banyak bergerak. Walau baju ini bisa digunakan untuk lapisan tambahan ketika udara dingin dan bisa dipakai juga untuk baju tidur, nyatanya masa pemakaiannya relatif singkat.

Pakaian ini panjangnya juga tidak jarang malah dapat menyulitkan ketika Anda hendak memakaikan pakaian lain di atasnya. Oleh sebab itu, dibanding baju panjang, sekarang para orang tua lebih menyukai untuk memakaikan pakaian terusan dan bodysuit untuk bayinya agar lebih mudah dipakai dan juga dapat digunakan untuk jalan-jalan.

  • Baju Terusan Untuk Bayi

Pakaian jenis ini panjangnya hampir sama dengan ukuran baju panjang, namun bagian selangkangannya bisa dikancingkan menggunakan kancing. Baju ini sesuai dipakai pada bayi usia 3 bulan ke atas yang kakinya telah lebih aktif bergerak sehingga pakaiannya tidak mudah terangkat.

Baju ini masih nyaman dipakai walau Anda melapisinya lagi menggunakan pakaian dalam pendek di dalamnya ketika cuaca dingin. Biarpun fungsinya hampir mirip dengan baju panjang, namun baju panjang hanya pas dipakai untuk bayi baru lahir, sedangkan baju terusan bisa dipakai lebih lama sampai sekitar 6 bulan sesudah persalinan.

  • Bodysuit Untuk Bayi

Bodysuit merupakan pakaian bayi yang mempunyai kancing jepret di bagian selangkangan, sama halnya dengan baju terusan. Pakaian jenis ini bisa dipakai oleh bayi berumur 3 bulan hingga 1 tahun dan bayi bisa menggerakkan kakinya lebih leluasa. Salah satu model bodysuit bagian lehernya tidak dapat dibuka dan jenis ini bisa dipakai mulai dari usia 3 bulan saat leher bayi sudah lebih kuat sampai usia 2 tahun.

Beberapa produsen mengatakan body shirt, romper, dan lainnya, namun pada dasarnya merujuk pada model baju yang sama. Cocok untuk dipakai sebagai pakaian bayi ketika pergi jalan-jalan keluar dan sangat pas diberikan untuk hadiah sebab desainnya yang bervariasi.

Pakaian bayi mempunyai berbagai macam bahan seperti gauze dan katun, namun lebih baik Anda mengerti terlebih dahulu karakter setiap bahan itu dan pilih yang sesuai dengan kondisi musim dan cuaca. Untuk bayi yang belum bisa dengan baik mengontrol suhu tubuh, ada sejumlah faktor yang penting untuk Anda pertimbangkan.

Misalnya kemampuan bahan menyerap keringat, breathability dan menahan panas. Ketika cuaca panas, bahan katun dan gauze direkomendasikan sebab breathability dan kesanggupan penyerapan keringatnya sangat baik. Ketika cuaca dingin, beberapa lapis bahan halus, mampu menahan panas, juga dapat menyerap keringat dengan baik, sangat pas untuk digunakan.

Namun dikarenakan bahannya yang berlapis dan sirkulasi udara yang kurang baik, ada baiknya Anda menggunakan baju dalaman dengan bahan gauze atau katun supaya bayi tidak gerah. Untuk pakaian dengan bahan katun murni yang terkenal sangat baik dalam penyerapan keringat dan breathablilitynya, bisa digunakan pada jenis cuaca apa saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *