Anak Susah Makan Sayur? Begini Cara Mengatasinya

Anak Susah Makan Sayur? Begini Cara Mengatasinya

Sayuran merupakan sumber nutrisi agar anak bisa tumbuh sehat dan kuat. Konsumsi sayuran juga dapat membantu memaksimalkan kapasitas otak agar anak tumbuh cerdas dan pintar. Namun, sebagian anak memang tidak menyukai sayuran dan membuat orang tua kebingungan. Nah, berikut ini cara mengatasi anak susah makan sayur tanpa marah dan ngomel.

  1. Sajikan Sayur Sejak Dini

Biasakan anak makan sayur sejak dini saat mereka sudah mulai MPASI. Sajikan sayuran sebagai makan siang dan makan malam sampai anak beranjak dewasa. Anda bisa menyajikan berbagai macam olahan sayur dalam menu makan sehari-harinya. Buatlah kreasi makanan dari sayur agar anak tidak bosan.

  1. Jangan Sembunyikan Sayur di Dalam Makanan Anak

Jika Anda menyembunyikan sayur di dalam makanan atau menyamarkan sayur sehingga sayur terlihat seperti makanan lain. Hal itu akan memberi kesan bahwa sayur adalah makanan yang buruk. Maka dari itu, jangan lakukan trik seperti itu agar anak mau makan sayuran. Sebaiknya, buatlah makanan dari sayur dikombinasikan dengan bahan lain seperti sosis, atau daging.

  1. Sajikan Sayur yang Disukai Anak

Sebagai orang tua, Anda harus cermatĀ  dalam memilih makanan kesukaan anak. Anak pasti memiliki sayuran favorit yang paling ia sukai. Namun, Anda juga harus tetap menawarkan berbagai macam sayuran dengan memberinya kesempatan untuk memilih sayur yang ia sukai.

Anda juga bisa menyajikan olahan sayuran secara bergantian setiap hari agar anak tidak bosan. Perhatikan respon dan reaksinya terhadap sayuran yang Anda masak. Anda bisa mencari berbagai resep olahan sayuran agar anak tidak bosan.

  1. Kreasi Penyajian

Anak-anak terkadang terlalu bawel dalam memilih makanan dan tampilan makanan. Maka dari itu, Anda harus kreatif dalam penyajian olahan sayur untuk buah hati. Anda bisa menyajikan makanan sayuran dengan tempat makan lucu. Jangan memaksa anak dengan ancaman atau membuat makanan sayur sebagai hukuman, ini akan membuat anak enggan makan sayur.

  1. Ajak Anak Berpartisipasi

Agar anak menyukai sayur. Anda bisa mengajaknya berpartisipasi dalam mengolah menu makanannya sendiri. Tanyakan kepada anak apa yang ingin mereka makan kemudian ajak anak berbelanja untuk memilih sayurannya sendiri. Ajarkan anak memilih sayuran yang bagus dan segar.

Jika sudah mengajaknya berbelanja, ajak anak untuk melihat dan membantu Anda di dapur saat menyiapkan sayuran untuk menu makanannya. Cara ini bisa dilakukan untuk menumbuhkan antusiasme anak agar mencoba pilihannya sendiri.

  1. Jangan Memaksa

Jangan pernah memaksa anak makan sayur, yakinkan anak agar dia mau makan sayur dan tidak ada hukuman jika mereka sesekali tidak makan sayur. Memaksa anak hanya akan membuatnya semakin membenci sayuran.

Itulah cara mengatasi anak susah makan sayur. Anda bisa mengenalkan anak tentang manfaat dan cita rasa sayur yang nikmat. Ajak anak untuk memasak bersama agar anak lebih dekat dengan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *